Abu Bakar | Menghadapi orang-orang yang menolak membayar Zakat

Abu Bakar | Menghadapi orang-orang yang menolak membayar Zakat


Selain harus menghadapi orang-orang yang murtad, Abu Bakar juga harus menghadapi orang-orang yang enggan membayar zakat. pada saat itu orang-orang yang masih kurang pengetahuannya tentang agama islam., mendengar Nabi Muhammad wafat tidak mau lagi membayar zakat. Mereka beranggapan bahwa zakat hanya wajib dibayarkan pada Nabi Muhammad. Oleh Sebab itu, setelah Nabi Muhammad wafat, maka tidak ada kewajiban.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, selain dengan cara dakwah (meluruskan pemahman mereka yang salah) juga dilakukan dengan cara pemerintahan. Dengan menyatakan dalam bentuk undang-undang bahwa zakat merupakan kewajiban bagi orang-orang yang mampu. Jika mereka orang-orang yang mampu tidak membayar zakat maka akan mendapat hukuman dari pemerintah. Langkah kebijakan ini sesuai dengan perintah allah dalam surat At-taubah ayat 103.




Artinya:
"ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka".

Selain itu, langkah kebijakan Abu Bakar tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah.

"Aku disuruh memerangi manusia sampai dia mengaku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan salat dan mengeluarkan zakat ...... "

Berdasarkan  alasan tersebut khalifah abu Bakar memaksa mereka yang tergolong wajib zakat agar mau membayarkan zakat hartanya untuk negara. Hasil dari pengumpulan zakat tersebut disimpan dan dikelola oleh Baitulmal untuk kepentingan Negara.

Artikel ini juga bisa didownload pada link dibawah dalam bentuk PDF

0 Response to "Abu Bakar | Menghadapi orang-orang yang menolak membayar Zakat"

Posting Komentar