Berbagi Pengetahuan Tentang Islam | Sejarah | Kisah

Kalender Hijriyah | Bulan-Bulan Hijriyah

Share on :
Kalender Hijriyah | Bulan-Bulan Hijriyah


Kalender Hijriyah atau kalender Islam adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk ketika umat islam ingin menentukan kapan waktunya untuk beribadah seperti jatuhnya bulan Puasa, Hari Raya idul fitri, hari raya Idul Adha dll.

Penetapan Kalender hijriyah ini dilakukan pada Zaman Kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab, yang menetapkan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah. Kalender hijriyah terdiri dari 12 Bulan, dengan jumlah hari berkisar 29-30 hari dalam setiap bulan. Penetapan 12 bulan ini sesuai dengan Firman Allah dalam surat At-Taubah ayat 36.

klik untuk memperjelas

Sebelumnya, orang Arab prakerasulan Rasulullah Muhammad SAw telah menggunakan bulan-bulan dalam kalender hijriyah ini, hanya saja mereka tidak menetapkan tahun berapanya, tetapi tahun apa. Semisal tahun kelahiran Rasulullah adalah tahun "Gajah", karena pada saat itu terjadi penyerbuan terhadap ka'bah yang dilakukan oleh tentara berkendara Gajah. Adalah Abu Musa Al-asyari yang merupakan salah satu gubernur yang ada pada kepemimpinan khalifah Umar bin Khattab, Beliau menulis surat kepada Khalifah yang mana isinya adalah menanyakan surat-surat dari khalifah Umar bin Khattab yang tidak pernah ada tahunnya, akan tetapi hanya terdapat tanggal dan bulan saja, sehingga hal tersebut sangatlah membingungkan. Khalifah Umar bin Khattab kemudian memilih sahabat-sahabat senior waktu itu. Mereka adalah utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Abdurrahman bin Auf, Sa'ad bin Abi Waqash, Zubair bin Awwam dan Thalhah bin Ubaidillah, mereka bermusyawarah mengenai kalender islam. Ada yang mengusulkan berdasarkan pengangkatan Muhammad SAW menjadi rasul, dan yang diterima adalah usul dari Ali bin Abi Thalib, yaitu berdasarkan momentum hijrahnya rasullulah dari makkah ke Madinah. Sehingga mulai saat itu ditetapkanlah kalender islam dan tahun 1 Hijriyah adalah pada saat hijrahnya rasullulah, sedangkan nama-nama bulan dalam kalender hijriyah diambil dari nama-nama bulan yang telah ada dan berlaku pada masa itu di wilayah arab,

Nama-Nama bulan Hijriyah adalah sebagai berikut.

  1. Muharram, dengan jumlah hari 30
  2. Safar, dengan jumlah hari 29
  3. Rabiul Awal, dengan jumlah hari 30
  4. Rabiul Akhir, dengan jumlah hari 29
  5. Jumadil Awal, dengan jumlah hari 30
  6. Jumadil Akhir, dengan jumlah hari 29
  7. Rajab, dengan jumlah hari 30
  8. Sya'ban, dengan jumlah hari 29
  9. Ramadhan, dengan jumlah hari 30
  10. Syawal, dengan jumlah hari 29
  11. Dzulkaidah, dengan jumlah hari 30
  12. Dzulhijjah, dengan jumlah hari 29/(30)

Jumlah hari dalam penanggalan hijriyah 354/(355) hari dalam setahun.

Semoga Bermanfaat,
Sobat yang baik adalah, jika setelah membaca artikel ini kemudian berkomentar atau setidaknya Like artikel ini bahkan akan lebih baik lagi bila Like Fans Page Facebook Blog ini, Silahkan klik disini untuk Masuk ke Halaman Fans Page Facebook, semoga Like sobat bisa jadi Amal Ibadah, Amin. Terimakasih atas Like dan Membaca artikel.

Artikel Terkait:

2 komentar on Kalender Hijriyah | Bulan-Bulan Hijriyah :

Juan Ferdinan mengatakan... 2 Juni 2013 12.20

wow

Anonim mengatakan... 11 Maret 2014 08.21

lalu kenapa pada bulan ramadhan kadang-kadang ada yan berpuas 29 hari atau 30 hari?

Post a Comment and Don't Spam!

 
free counters