Penyerangan terhadap Pasukan Nabi Palsu Musailamah al Khazab

Penyerangan terhadap Pasukan Nabi Palsu Musailamah al Khazab


Musailamah al Khazab adalah seorang tokoh cendekiawan yang terpandang dilingkungan suku Hanifah yang mendiami wilayah Yamamah. Untuk memperkuat gerakannya, Musailamah al Kazab mengawini Sajjah binti Alharits bin suwaid bin Agfan, seorang wanita dari suku Tamim yang juga mengaku dirinya sebagai Nabi. Jumlah pasukan dan pengikut Musailamah al-Kazab sekitar 40.000 orang.

Karena mendapat ancaman dari pasukan Musailamah al Kazab, Khalifah Abu Bakar as Siddiq mengirim pasukan di bawah pimpinan Ikram bin Amru bin Hisyam untuk memerangi pasukan Musailamah al Kazab. Karena khawatir pasukan Ikram tidak cukup, Khalifah Abu Bakar memerintahkkan menggerakkan seluruh pasukan Khalid bin walid untuk membantu mengepung Musailamah al- Kazab, dan menunjuk Khalid bin Walin untuk memimpin seluruh pasukan Muslim tersebut.

Pada pertempuran tersebut, hampir saja pasukan Muslim dapat dikalahkan. Khalid bin Walid memerintahkan pasukan muslim mundur meninggalkan perkemahannya, pasukan Musailamah al Kazab menyerbu perkemahan untuk mencari harta yang ditinggal. Pada saat itulah, pasukan Muslim kembali menyerbu pasukan Musailamah al Kazab.

Pertempuran dahsyatpun terjadi, pasukan Musailamah al Kazab dapat dihancurkan. Namun, Musailamah al Kazab dapat lolos ke dalam taman yang dipagar tembok tinggi. Seorang tentara yang bernama Al Barrak melompati tembok dan membuka pintu taman dari dalam. Setelah pintu taman dapat dibuka, Pasukan Muslim menyerbu sisa pasukan Musailamah al Kazab dan akhirnya Musailamah al Kazab tewas di tangan Wahsyi. Melihat Musailamah al Kazab terbunuh oleh pasukan muslim, tokoh-tokoh suku Bani Hanifah segera berbalik mengakui kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq.

Artikel ini juga bisa didownload pada link dibawah dalam bentuk PDF

0 Response to "Penyerangan terhadap Pasukan Nabi Palsu Musailamah al Khazab"

Posting Komentar