Sikap Dan Perjuangan Abu Bakar As-Siddiq - 02



2. Selalu Membela dan Melindungu Kaum Muslimin yang Tertindas

Dalam membantu perjuangan Nabi Muhammad, Abu Bakar tidak hanya setia, membela dan melindungi Nabi, tetapi juga dia selalu membela dan melindungi orang-orang yang tertindas dan teraniaya terautama kaum Muslimin.

Setiap kali melihat budak yang dianiaya oleh majikan atau tuannya, Abu Bakar selalu berusaha membebaskan dan memerdekakan budak tersebut. Banyak sekali budak-budak yang dapat ia bebaskan walaupun Abu Bakar harus membelinya dengan sangat mahal. Misalnya, ketika Abu Bakar melihat Umayyah bin Khallaf sedang menyiksa budaknya yang bernama Bilal bin Rabbah, karena Bilal Masuk agama Islam, Abu Bakar langsung berusaha membebaskan Bilal dari Umayyah dengan harga yang dinginkan Umayyah. walaupun harga yang diinginkan Umayyah sangat tinggi, Abu Bakar membayarnya dengan tidak menawar.

Saat Umayyah sengaja menganiaya dan menyiksa Bilal agar keluar dari Agama Islam. Umayyah sangat marah mengetahui Bilal budak miliknya masuk agama Islam. Ia menyiksa Bilal dngan sangat keji. Umayyah menyerat Bilal di tengah padang pasir yang panas. Bilal diikat kaki dan tangannya di tanah dengan posisi terlentang di bawah sengatan panas matahari. pada bagian dada Bilal dibebani batu yang sangat, kemudian Bilal dicambuki Umayyah sekehendak hatinya.

Walaupun disiksa dengan keji, Bilal memilih mati daripada ia harus meninggalkan keyakinannya memeluk agama islam. Untunglah Abu Bakar mengetahui kejadian penyiksaan Bilal tersebut. Akhirnya, bilal diselamatkan oleh Abu Bakar kemudian diserahkan pada Nabi Muhammad dan menjadi muazin yang terkenal.

Budak-budak yang berhasil di bebaskan oleh Abu Bakar cukup banyak diantaranya;
  • Bilal Bin Rabbah
  • Abu Fukaifah
  • Amir bin Fahairah
  • Labibah 
Artikel ini juga bisa didownload dalam bentuk PDF pada link Download dibawah

0 Response to "Sikap Dan Perjuangan Abu Bakar As-Siddiq - 02"

Posting Komentar